3D Nail Art

0
144

Dunia kecantikan meliputi berbagai aspek yang identik dengan perempuan. Mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki perempuan adalah aset yang harus dirawat supaya tetap sehat dan indah. Saat ini, yang sedang menjadi tren kecantikan adalah kuku. Perawatan kuku sudah sangat berkembang, tidak lagi hanya berorientasi pada kebersihan dan kesehatan kuku tetapi sudah merambah pada seni menghias kuku untuk tujuan artistik. Seni mengecat kuku sangat marak di kalangan perempuan Jepang dan Eropa. 3D nail art menjadi aspek paling diminati, selain mudah dilakukan kita juga mudah untuk mendapatkan peralatan yang diperlukan. Tidak perlu ke salon untuk menghasilkan kuku yang cantik. Dan boleh saja kita manjadikan nail art sebagai sebuah hobi baru yang menyenangkan.

Selain bisa diaplikasikan pada kuku kita, 3D nail art bisa juga diaplikasikan dengan menggunakan kuku akrilik yang bisa dipakai dan dilepaskan kapan saja. 3D nail art memiliki banyak sekali desain, mulai dari yang sederhana hingga yang rumit tergantung pada tingkat kompleksitas dan ornamen yang dipadukan. Semakin banyak kita bermain warna, model dan hiasan maka akan semakin unik. Berikut ini adalah langkah sederhana serta peralatan yang digunakan untuk membuat nail art:

1. Kuas

Kita bisa menggunakan kuas lukisan, tetapi sebaiknya kita memilih kuas khusus yang digunakan untuk mengecat kuku. Ada beberapa kuas yang tidak tahan terhadap aseton dan bahan kimia lainnya.Jika kita menggunakan kuku akrilik, kuas akan dapat bertahan lebih awet.Gunakan kuas yang terbuat dari rambut alami untuk mengaplikasikan cat pada kuku akrilik tetapi untuk pengecatan biasa gunakan kuas sintetis.

2. Pen

Pen ini digunakan untuk mengeluarkan cat berwarna dan membentuk hiasan. Tetapi tidak boleh diaplikasikan langsung pada kuku tanpa memberi lapisan dasar terlebih dahulu. Setelah lapisan tersebut kering, aplikasikan warna yang ada pada pen tersebut dengan mengocok pen dalam keadaan tertutup. Tekan ujung pen pada permukaan yang keras untuk mengeluarkan warna. Terapkan desain yang diinginkan. Biarkan kering. Lapisi kuku dengan top coat ketika selesai mendesain.

3. Files

Ada tiga pilihan dasar yang berbeda untuk file kuku: Emery Board, Metal File dan File Glass.Rapikan kuku dengan menggunakan kertas pasir yang halus. Setting nomor grit pada file tersebut. Semakin tinggi angkanya, semakin halus grit nya. Sebaiknya gunakan file yang memiliki dua sisi yaitu sisi kasar untuk mengasah dan membentuk kuku dan sisi halus untuk menghaluskan dan membersihkan. Angka di bawah 180 grit terlalu kasar untuk kuku alami, jadi pastikan dulu grit sudah terpasang pada nomor yang sesuai sebelum digunakan.

4. Dotting tool

Peralatan untuk menghasilkan hiasan berbentuk bulatan ini tersedia dalam berbagai ukuran. Beberapa alat yang bisa kita gunakan untuk menghasilkan hiasan tersebut adalah jarum pentul, stik korek api, ujung jari sisir atau cotton buds. Sangat mudah untuk menemukan alat-alat itu di sekitar kita. Cara menggunakannya adalah dengan mencelupkan alat itu ke dalam cat kuku lalu bentuklah hiasan berupa bulatan.

5. Stamp

Lapisi kuku dengan cat dasar dan biarkan kering. Setelah itu aplikasikan top coat diatasnya, hal ini untuk meminimalisir kesalahan pada saat memasang stamp di atas kuku. Bersihkan permukaan stamper, stamping pad dan scraper dengan kapas yang dibasahi aseton dan keringkan. Langkah ini harus diulang pada saat akan membuat stamp untuk setiap kuku, jika menggunakan papan plastik, kita bisa membersihkannya setelah beberapa cetakan tetapi permukaan stamper harus tetap dibersihkan setelah mencetak stamp. Stamp ditempel dengan cara ditekan supaya melekat sempurna pada kuku.

6. Fimo

Merupakan hiasan timbul yang bisa ditempelkan di atas kuku. Fimo terbuat dari bahan polymer berbentuk seperti adonan kue dengan gambar tertentu (buah, bunga, kartun dll). Fimo diiris tipis kemudian irisan itu ditempelkan di atas kuku.

7. Aceton

Cairan pembersih kuku untuk membersihkan noda cat yang membandel. Usapkan aceton dengan menggunakan kapas setelah itu oleskan cuticule oil untuk mencegah kerusakan pada kuku disebabkan bahan kimia yang terdapat dalam aceton.

Ladies, seni mengecat kuku memiliki keindahan tersendiri. Tidak perlu ke salon manapun untuk membuat kuku anda cantik, sehat dan unik. Selamat mencoba. Get Nailed!

Tinggalkan Balasan